TUGAS
PENGERTIAN
ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN

DISUSUN
OLEH :
RATNAWATI
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 TARAKAN
KOMPETENSI
KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
TAHUN 2017
KATA
PENGANTAR
Assalamuallaikum Wr. Wb
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha
Pengasih lagi Maha Panyayang, Saya panjatkan puji syukur atas kehadirat-Nya,
yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada saya, sehingga saya dapat
menyelesaikan Tugas Produktif yang berjudul Pengertian Administrasi Kepegawaian
yang diberikan oleh Guru saya Bapak Supardi S.Pd.
Tugas ini telah saya susun dengan
sebaik-baiknya dan sesuai kemampuan saya. Terlepas dari semua itu, saya
menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat
maupun tata bahasanya. Oleh karena itu mohon maaf apabila ada kata-kata yang
salah dan kurang berkenan di hati pembaca.
Akhir
kata saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang
bersedia membantu saya demi kelancaran pembuatan tugas ini, semoga Allah SWT
senantiasa meridhoi usaha yang kita lakukan, aamin.
Tarakan, Juli 2017
Ratnawati
DAFTAR ISI
Halaman Judul..........................................................................................................
i
Kata
Pengantar.........................................................................................................
ii
Daftar Isi....................................................................................................................
iii
Administrasi
Kepegawaian......................................................................................
1
1. Pengertian
Administrasi................................................................................
1
2. Pengertian
Kepegawaian...............................................................................
2
3. Pengertian
Administrasi kepegawaian..........................................................
3
4. Perumusan Administrasi
kepegawaian.........................................................
4
5. Tujuan Administrasi
kepegawaian................................................................
4
6. Fungsi Administrasi
Kepegawaian.................................................................
5
7. Fungsi
Teknis Administrasi Kepegawaian......................................................
5
8. Kesimpulan....................................................................................................
6
DAFTAR
PUSTAKA.....................................................................................................
7
ADMINISTRASI
KEPEGAWAIAN
1. Pengertian Administrasi
Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang
berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan.
Administrasi dalam arti sempit adalah
kegiatan yang meliputi: catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan,
ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan.
Administrasi dalam arti luas adalah
seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan
dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil
guna.
Pengertian Administrasi Menurut Para
Ahli
·
Arthur
Grager
Administrasi
adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat
suatu organisasi.
·
George
Terry
Administrasi
adalah perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran,
serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah
ditetapkan.
·
Sondang
P. Siagian
Administrasi
adalah keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan
atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
sebelumnya.
·
William
Leffingwell dan Edwin Robinson
Administrasi
adalah cabang ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan
perkantoran secara efisien, kapan, dan di mana pekerjaan itu harus dilakukan.
·
Ulbert
Administrasi
secara sempit didefinisikan sebagai penyusunan dan pencatatan data dan
informasi secara sistematis baik internal maupun eksternal dengan maksud
menyediakan keterangan serta memudahkan untuk memperoleh kembali baik sebagian
maupun menyeluruh. Pengertian administrasi secara sempit ini lebih dikenal
dengan istilah Tata Usaha.
2.
Pengertian Kepegawaian
Pegawai adalah tenaga
kerja manusia, jasmani maupun rohani yang senantiasa dibutuhkan dan menjadi
salah satu modal pokok dalam badan usaha kerjasama untuk mencapai tujuan
organisasi tertentu, sedangkan kepegawaian adalah segala hal mengenai
kedudukan, kewajiban, hak dan pembinaan pegawai.
Menurut
KBBI :
Kepegawaian adalah yang berhubungan dengan pegawai (Orang
yang bekerja pada pemerintah atau perusahaan).
Pengertian Kepegawaian Menurut para
Ahli :
·
Edwin B. Flippo
Dalam
bukunya personel management, mengatakan: “personal management is the planning,
organizing directing and controlling of the procurement, development,
competation, integration, maintenance, and separation of human resources to the
and that individual, organizational, and socieatal objectives are
accomlished”.(1988).
Manajemen
personalia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian
dari pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan
pemberhentian karyawan, dengan maksud terwujudnya tujuan perusahaan individu,
karyawan dan masyarakat.
·
Dale Yoder
Personal
management is the provision of leadershif and direction of people in their
working or amployment relationshif. (1990).
Manajemen
personalia adalah penyediaan kepemimpinan dan pengarahan para karyawan dalam
pekerjaan atau hubungan kerja mereka.
·
Andrew F. Sikula
Personel
administration is the implementation of human resources (man power) by and withim
and enterprise.(1990).
Administrasi
kepegawaian adalah penempatan orang-orang kedalam suatu perusahaan.
·
Paul Pigor dan Charles A. Myerse
Administrasi
Kepegawaian adalah seni mencari, mengembangkan, dan mempertahankan, tenaga
kerja yang cakap dengan cara sedemikian rupa sehingga tujuan organisasi dan
efesiensi kerja dapat tercapai semaksimum mungkin.
·
Drs. Manullang
Administrasi
Kepegawaian adalah sesuatu ilmu yang mempelajari cara bagaimana memberikan
fasilitas untuk mengembangkan kemampuan dan rasa partisipasi pekerja dalam
suatu kesatuan aktifitas demi tercapainya tujuan.
·
Drs F. X Soedjadi,M.P.A
Administrasi
Kepegawaian adalah proses kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap pimpinan
agar tercapainya tujuan organisasi seimbang dengan sifat, hakikat, dan fungsi
organisasi serta sifat dan hakikat para anggotanya.
3. Pengertian Administrasi Kepegawaian
Pengertian Administrasi Kepegawaian Secara Umum
Administrasi kepegawaian adalah
seluruh aktivitas atau kegiatan yang berkaitan dengan masalah penggunaan pegawai
(tenaga kerja) untuk mencapai tujuan. Sedangkan administrator bertujuan untuk
menyusun dan mengendalikan seluruh aktivitas untuk memelihara, mengembangkan,
mendapatkan maupun menggunakan para pegawai sesuai dengan beban kerja untuk
mencapai tujuan organisasi atau perusahaan yang telah di tentukan sebelumnya.
Pengertian Administrasi Kepegawaian Menurut Para Ahli :
·
Menurut
Drs. M. Manullang (1967) mengemukakan bahwa :
“Administrasi Kepegawaian adalah seni
dan ilmu perencanaan, pelaksanaan dan pengontrolan tenaga kerja untuk mencapai
tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu, dengan meninggalkan kepuasan hati
pada diri para pekerja.”
·
Paul
Pigors dan Charles A. Myers serta Thomas G Spates berpendapat bahwa:
“Administrasi kepegawaian adalah suatu
tata cara atau prosedur tentang cara-cara mengorganisasi dan memperlakukan
orang yang bekerja sedemikian rupa sehingga mereka masing-masing mendapatkan
hasil yang sebesar-besarnya dari kemampuannya, jadi memperoleh efisiensi yang maksimum
untuk dirinya sendiri dan golongannya.”
Administrasi kepegawaian berkaitan
dengan penggunaan sumber daya manusia dalam suatu organisasi.
Pengorganisasian kepegawaian ialah
menggolongkan dan menetapkan serta mengatur berbagai macam dari aktivitas
ataupun kegiatan yang juga dianggap sangat penting yakni seperti menetapkan
tugas dari seseorang, menetapkan wewenang dari seseorang dan juga yang lainnya.
Dalam sebuah pola tertentu dengan sedemikian rupa sehingga para pegawai yang
bekerja didalamnya bisa saling bekerja sama untuk bisa mempermudah di dalam
mencapai suatu tujuan dari perusahaan ataupun organisasi.
Pengarahan pegawai ialah suatu teori
dan keyakinan untuk dapat memotivasi pegawai dengan secara keseluruhan akan
tetapi tidak ada kesepakatan mengenai apa yang bisa dimotivasi. Oleh karena itu
menjadi sangat sulit bagi perusahaan ataupun organisasi supaya sampai kepada
kebijakan dan juga pendekatan yang dapat memuaskan para pegawainya. Selain hal
itu bagi setiap perusahaan ataupun organisasi dengan skala apa saja membuat nalisis
dengan mendalam tentang apa yang bisa memotivasi dari setiap tenaga kerjanya
merupakan hal yang tidak praktis akan tetapi terdapat sebuah aturan-aturan yang
praktis yang dapat diikuti untuk bisa membantu memotivasi para pegawai dan juga
meningkatkan kinerja dari para pegawai.
4.
Perumusan Administrasi Kepegawaian
Adapun administrasi kepegawaian dapat
dirumuskan sebagai berikut:
·
Sebagai Ilmu
Mempelajari segenap proses penggunaan
tenaga manusia sejak penerimaan hingga pemberhentiannya.
·
Sebagai
Proses
Proses penyelenggaraan politik
kepegawaian “kebijakan politik kepegawaian” atau program kerja/tujuan yang
berhubungan dengan tenaga kerja manusia yang digunakan dalam usaha kerja sama untuk
mencapai tujuan tertentu.
·
Sebagai
Fungsi
Mengatur dan mengurus penggunaan
tenaga kerja manusia dalam suatu usaha kerja sama sekelompok manusia untuk
mencapai tujuan tertentu yang meliputi kegiatan:
a) Merumuskan tujuan dan sasaran pokok
kebijaksanaan politik.
b) Menyusun organisasi untuk
menyelenggarakan pelaksanaan tujuan dan sasaran pokok/kebijaksanaan politik.
·
Sebagai
Seni
Seni memilih pegawai baru serta
menggunakan pegawai-pegawai lama dengan cara sedemikian rupa sehingga dari
segenap tenaga kerja manusia itu diperoleh hasil dan jasa yang maksimal baik
mengenai jumlah maupun mutunya.
5. Tujuan Administrasi Kepegawaian
Efisiensi, efektifitas dan
produktivitas organisasi untuk mencapai tingkat setinggi-tingginya ialah
merupakan tujuan utama administrasi. Untuk mencapai tujuan administrasi,
dibutuhkan peran sumber daya manusia serta peran sumber daya bukan manusia
“makmur, 2008:60”.
Tujuan administrasi kepegawaian
yaitu:
·
Memperkuat
sistem perencanaan dan pengembangan pegawai serta pemenuhan/rekrutmen sesuai
dengan tingkat kebutuhan dan yang tersedia.
·
Mengembangkan
sistem manajemen informasi kepegawaian.
·
Meningkatkan
kualitas sumber daya aparatur untuk meningkatkan kompetensi sesuai tugas pokok
dan fungsi yang dilaksanakan melalui pendidikanf dan latihan, peningkatan
pendidikan formal dan meningkatkan ketrampilan teknik dan fungsional aparatur
pemerintah.
·
Terwujudnya
penataan pegawai sesuai kompetensi jabatan dan syarat jabatan serta
memperhatikan pola karir.
·
Peningkatan
pembinaan pegawai untuk meningkatkan akuntabilitas dan kesejahteraan pegawai.
·
Peningkatan
kinerja pelayanan kepegawaian dalam rangka meningkatkan kapasitas pemerintah
daerah guna mewujudkan tata pemerintahan yang baik “Good Governance”.
6. Fungsi Administrasi Kepegawaian
Adapun fungsi administrasi
kepegawaian diantaranya yaitu:
·
Perencanaan
pegawai dalam penentuan berbagai macam dari kebutuhan pegawai.
·
Dapat
membantu suatu organisasi ataupun perusahaan didalam menentukan kebutuhan
perusahaan.
·
Dapat
membantu menentukan apa yang akan dicapai dari sumber yang tersedia.
7. Fungsi Teknis Administrasi Kepegawaian
Administrasi kepegawaian pada
hakikatnya melakukan dua fungsi yaitu :
·
Fungsi
manajerial yaitu berkaitan dengan pekerjaan pikiran atau menggunakan pikiran
(mental) meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian
pegawai.
·
Fungsi
operatif (teknis) yaitu berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan
dengan fisik, meliputi pengadaan, pengembangan, kompensasi, integrasi,
pemeliharaan, dan pemensiunan pegawai.
8. Kesimpulan
Suatu administrasi kepegawaian
biasanya selalu diiringi dengan kebijakan-kebijkan pemerintah, baik Pemerintah
Pusat maupun Pemerintah Daerah yang sering kali harus mengalami penambahan dan
perubahan yang disesuaikan dengan perkembangan zaman. Didalam administrasi
kepegawaian yang diprioritaskan adalah pendidikan dan pelatihan, karena dengan pendidikan
dan pelatihan seorang pegawai dapat mempunyai wawasan yang luas sehingga dapat
membawa pembaharuan bagi pembangunan. Dan sistem pendidikan dan keadaan
pendidikan di suatu negara dapat pula mempengaruhi pola fikir seseorang dan
pastinya sangat berpengaruh bagi pembangunan di negara tersebut. Pegawai negeri
yang mempunyai wawasan yang luas tentunya ia dapat membawa dan mengayomi masyarakat
kearah yang lebih baik dan dapat melayani kebutuhan masyarakat dengan optimal
sehingga masyarakat tidak lagi kebingungan didalam masalah yang menyangkut
administrasi kependudukan.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar